Upacara Adat Sunda Mapag Penganten, Masih Relevankah?

Seiring berkembangnya zaman yang makin modern ini, upacara adat dalam pernikahan makin ditinggalkan. Misalnya, sebut saja upacara adat Sunda mapag penganten atau upacara adat Sunda lengser. Padahal, upacara tersebut memiliki makna tersendiri yang filosofis. Namun, masih relevankah upacara tersebut di masa sekarang? Berikut ulasannya untuk Anda.

Upacara Adat Sunda dalam Pernikahan yang Sudah Mulai ditinggalkan

Upacara adat Sunda yang kini mulai ditinggalkan adalah ‘mapag’ penganten yang berarti menyambut pengantin. Dalam upacara ini biasanya terdapat aksi kesenian yang disebut aksi lengser.

Uniknya, aksi lengser ini tidak hanya digelar saat pernikahan saja, namun juga kerap dilakukan saat menyambut pejabat atau tamu penting. Selain itu, upacara adat mapag penganten ini juga kaya akan berbagai atraksi seni dan juga melibatkan banyak seniman.

Terdapat aneka tarian yang dipertunjukkan dalam upacara adat Sunda ini. Mulai dari tarian merak, seni karawitan, komedi atau bodoran, simbol-simbol kesenian yang merepresentasikan pelajaran tentang kehidupan, dan lain sebagainya.

Apa Makna dari Upacara Tersebut?

Hal yang menarik dari upacara mapag penganten adalah aksi lengser. Lengser merupakan salah satu tokoh yang terdapat dalam cerita Padjajaran atau Mundinglaya Di Kusumah. Aki lengser biasanya bertugas untuk mengantarkan pelaminan, dan cukup menjadi sorot perhatian karena tingkah kocaknya.

Dahulu, saat zaman kerajaan Sunda, Ki Lengser memiliki jabatan yang cukup penting dalam pemerintahan. Aki Lengser merupakan perwujudan atau perwakilan dari Sang Prabu Raja yang turun untuk menemui dan juga menyatu dengan rakyatnya. Maka, bisa dibilang Ki Lengser memegang posisi penting dalam upacara mapag penganten ini.

Masih Relevankah Upacara Tersebut pada Zaman Sekarang?

Pada zaman sekarang yang serba simpel dan canggih ini, mungkin kebanyakan orang malas untuk melakukan rangkaian upacara adat. Ada yang menganggap bahwa upacara adat tersebut terlalu ribet dan bertele-tele.

Padahal, upacara adat Sunda dalam pernikahan ini masih relevan untuk zaman sekarang. Selain itu, dengan tetap melaksanakan upacara adat ini, secara langsung Anda juga bisa melestarikan budaya dan warisan leluhur Anda. Jadi, apakah Anda tertarik untuk menggunakan upacara ini sebagai salah satu rangkaian acara pernikahan Anda nanti?

Nah itu dia ulasan mengenai upacara adat Sunda mapag penganten dan upacara adat Sunda lengser yang perlu Anda tahu. Semoga tradisi ini tetap lestari hingga nanti, dan juga diminati oleh berbagai generasi khususnya bagi orang-orang Sunda yang akan mengadakan pernikahan. Tertarik untuk menggunakan upacara adat ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.