Tips Nikah Hemat untuk Anda, Dijamin Tetap Sah!

Biaya pas-pasan tapi ingin melangsungkan pernikahan? Bisa, kok! Tak ada yang tak bisa dilakukan. Ada tips nikah hemat yang bisa Anda terapkan di hari pernikahan nanti. Salah satunya adalah menikah di KUA. Anda hanya perlu memenuhi syarat daftar ke KUA dan pernikahan Anda tetap sah. Lalu, apalagi yang harus Anda lakukan?

1. Menikah di KUA

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, untuk dana yang seadanya, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk nikah hemat adalah dengan menikah di KUA. Datanglah di hari kerja pada jam kerja pula. Anda tidak akan dikenakan biaya sepeser pun dalam pernikahan ini. Jelas Anda bisa menghemat dana yang lumayan, kan?

2. Buat Selamatan Seadanya

Setelah menikah di KUA, pastinya Anda ingin keluarga dan teman-teman Anda tahu perihal hari bahagia ini, kan? Ada trik yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah membuat selamatan seadanya. Cukup dengan memotong beberapa ekor ayam dan undang tetangga serta rekan terdekat, sudah cukup.

Ingat, jangan mengundang terlalu banyak orang. Jika Anda melakukan hal ini, bukan selamatan seadanya namanya. Anda harus tegas mengenai siapa yang perlu dan siapa yang tak perlu menghadiri pernikahan Anda. Buatlah batas jumlah tamunya. Misalnya hanya mengundang 100 orang dan lainnya.

3. Urus Segala Urusan Sendiri

Yup! Ini juga bisa Anda lakukan sebagai langkah yang tepat untuk pernikahan hemat. Uruslah semua urusan sendiri. Jangan pernah tertarik untuk menggunakan jasa wedding organizer. Sebab, biaya yang yang dikenakan pihak WO biasanya cukup mencekik. Daripada memberikan dana pada pihak WO, mending untuk kehidupan rumah tangga Anda nantinya.

4. Sewa Gaun Pernikahan atau Kebaya untuk Pengantin Saja

Umumnya, saat menikah keluarga pengantin akan mengenakan pakaian yang sama. Pakaian ini mereka sewa dari salon dan tempat lain. Bila Anda ingin hemat, sebaiknya jangan lakukan ini. Sewa saja gaun pernikahan atau kebaya untuk pengantin saja sedangkan anggota keluarga lain menggunakan pakaian seadanya. Ini bisa membantu menghemat pengeluaran pernikahan.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai tips nikah hemat anti kantong bolong. Salah satunya ya menikah di KUA. Lagipula, syarat daftar ke KUA juga mudah sehingga Anda bisa melakukannya sendiri. Walaupun Anda punya dana berlebih, daripada untuk pesta, mending untuk biaya rumah tangga Anda setelah menikah, kan? Lebih barokah!

(foto: moneycrasher.com)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.