Tahapan Persiapan Pernikahan Adat Batak Karo

Karo adalah salah satu tempat di Indonesia yang memiliki banyak aturan adat. Salah satunya dalam hal pernikahan. Ada tahapan persiapan pernikahan adat Karo yang harus Anda penuhi bila ingin menikah dengan adat ini, salah satunya menyusun rencana pernikahan. Lalu, apa saja tahapan pernikahan dengan adat Batak Karo yang lain?

Tahapan Persiapan

Sebelum masuk ke acara pernikahan, tentunya tahap pertama yang harus dilakukan adalah tahap persiapan. Dalam tahap ini, ada beberapa acara yang dilaksanakan seperti Sitandan Ras Keluarga Pekepar yang merupakan pertemuan dua keluarga yang akan melangsungkan pernikahan. Setelab itu dilanjutkan dengan Mbaba Selo Selambar.

Pada acara ini, keluarga pengantin pria datang pada pengantin wanita untuk melamar. Setelah itu, acara juga akan dilanjutkan dengan Nganting Manuk. Ini adalah acara pembicaraan tentang hutang adat dan hari baik melangsungkan pernikahan. Perlu diingat, hari pernikahan tak boleh dilaksanakan lebih dari sebulan setelah acara ini.

Hari Pesta Adat

Setelah masa persiapan selesai, selanjutnya dilanjutkan dengan tahapan Hari Pesta Adat. Salah satu acara dalam tahapan ini adalah kerja adat. Ini bisa diartikan sebagai pelaksanaan pernikahan adat kedua mempelai. Pelaksanaan dari acara ini biasanya dilakukan di rumah mempelai perempuan selama sehari penuh dan semua orang termasuk menari di acara ini.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan persadan tendi. Ini biasanya dilangsungkan pada malam hari setelab acara kerja adat selesai dilaksanakan. Pada tahap ini, para anak beru biasanya akan mempersiapkan makanan untuk kedua mempelai. Tujuannya adalah untuk penyemangat kedua mempelai.

Sesudah Pesta Adat

Tahapan terakhir dalam pernikahan adat Karo adalah tahap Sesudah Pesta Adat. Ada banyak acara juga yang dilaksanakan pada tahap ini seperti Ngulihi Tudung. Acara ini berlangsung 2 hingga 4 hari setelah acara pesta adat berlangsung. Para keluarga pihak laki-laki datang ke keluarga pihak perempuan sambil membawa lauk-pauk.

Terakhir, akan ada acara Ertaktak. Acara ini biasanya dilangsungkan satu minggu setelah pesta adat dilangsungkan. Acara ini akan dilaksanakan di rumah pihak keluarga perempuan untuk membicarakan uang keluar saat hari kerja berlangsung.

Selain tahapan persiapan pernikahan pernikahan adat Karo, masih ada tahap utama dan pasca pesta. Sebelum pernikahan dilangsungkan, kedua keluarga nantinya akan menyusun rencana pernikahan terlebih dulu seperti mengenai uang adat. Anda mau menikah dengan adat Karo? Pelajari dulu tahapan di atas, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.