Pernikahan Adat Toraja Modern Nan Simpel

Upacara pernikahan adat adalah salah satu bentuk menghormati tradisi suku asalnya. Rampanan Kapa atau pernikahan adat Toraja menjadi salah satu tradisi adat. Seiring berjalannya waktu, muncullah pernikahan adat Toraja modern berikut ini termasuk baju pengantin adat Toraja modern yang simpel, namun tidak menghilangkan nilai adatnya.

1.     Konsep Dekorasi Tradisional Modern

Perhelatan upacara pernikahan modern memang tergolong lebih simpel karena tidak ada prosesi khusus. Dekorasinya juga tidak mengharuskan suatu konsep tertentu. Jika ingin melaksanakan upacara adat Toraja yang modern, maka konsep dekorasinya lebih simpel.

Konsep dekorasi tradisional modern adalah pilihan yang tepat. Konsep ini memadukan antara gaya modern dengan unsur adat Toraja. Dalam penerapannya, unsur dekorasi adat Toraja dikurangi dan ditambah dengan gaya modern. Sebagai contoh, jumlah miniatur rumah adat Tongkonan dikurangi dan diganti dengan konsep taman berhiaskan lampu berwarna-warni.

2.     Prosesi Upacara Pernikahan yang Lebih Singkat

Upacara pernikahan secara modern tidaklah sekompleks upacara pernikahan secara adat karena tidak mempunyai prosesi tertentu. Anda dapat menggelar pernikahan adat yang modern dengan mengurangi prosesi adat agar lebih simpel dan hemat biaya.

Hal ini adalah ide bagus bagi Anda yang ingin melaksanakan pernikahan adat, namun tidak ingin terlalu kompleks. Persiapan yang dilakukan juga lebih ringan. Rangkaian upacara adat Toraja bisa diringkas dengan menjalankan beberapa prosesi inti saja.

3.     Baju Pengantin Modern

Pernikahan adat yang dijalankan secara modern tentu mempunyai perbedaan dengan upacara adat yang murni. Karenanya, muncullah desain baju pengantin Toraja dengan sentuhan konsep modern.

Baju pengantinnya sama dengan model Toraja, namun ada beberapa komponen yang dikurangi, namun tetap mempertahankan komponen inti, seperti mengganti model kalung, gelang, dan anting. Model sanggulnya juga bisa dibuat lebih simpel dengan ukuran lebih kecil. Tusuk kondenya juga bisa dibuat lebih modern dan bervariasi.

4.     Baju Pengantin dengan Warna Selain Merah, Kuning, dan Emas

Selain mempunyai sentuhan gaya modern, baju pengantin Toraja modern juga dibuat dalam warna lain. Jika biasanya warna baju pengantin adat Toraja berwarna merah, kuning, dan emas, maka baju pengantin Toraja modern dapat ditemukan dalam warna biru atau abu-abu. Dengan demikian, perpaduan dengan unsur modern akan lebih mudah dan tidak monoton.

Pernikahan secara adat sebagai penghormatan tradisi adalah sesuatu yang baik. Akan tetapi, jika ingin menjalankan upacara pernikahan adat Toraja modern dan simpel, Anda bisa melakukan berbagai siasat di atas asal tidak menghilangkan unsur adatnya. Baju pengantin adat Toraja modern saat ini juga sudah beraneka ragam, namun tetap bernuansa adat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.