Konsep Pernikahan Minang Modern Tanpa Ribet

Di era modern, terdapat beragam konsep pernikahan, mulai dari tradisional, modern, hingga perpaduan keduanya. Konsep pernikahan Minang modern adalah contoh perpaduan tradisional modern. Meskipun demikian, tidak ada perubahan nilai inti dari konsep aslinya. Hanya saja, beberapa hal menjadi lebih sederhana, seperti baju pengantin Padang modern.

1.     Kebaya Modern dengan Hiasan Kepala Khas Minang

Konsep perpaduan antara tradisional dan modern sedang digandrungi oleh banyak calon pasangan pengantin. Konsep pernikahan semacam ini akan memudahkan karena properti lebih sederhana dan konsepnya kekinian.

Nilai tradisionalnya masih dipertahankan pada busana pengantin yang dikenakan. Hanya saja penyederhanaan yang pertama ini bisa dalam hal baju pengantin wanita. kebaya modern saat ini bisa menggantikan pakaian tradisional Minang. Meskipun demikian, kekhasan dari pakaian adatnya tetap terlihat dengan pemakaian hiasan kepala khas Minang.

2.     Padukan Hitam dan Emas Ala Solok

Busana pengantin khas Minang yang tidak ribet dan tetap terlihat anggun ketika dikenakan adalah padukan hitam dan emas ala Solok. Perpaduan warna hitam dan emasnya sangat pas dan memancarkan aura elegan dari mempelai berdua.

Baju pengantin wanitanya berupa baju kurung panjang sampai mata kaki dan tanpa hiasan kepala berupa mahkota, sehingga lebih nyaman. Sebagai ganti mahkota, terdapat kerudung khas Minang yang panjangnya hingga pinggang ditambah dengan headpiece manis. Untuk baju pengantin prianya adalah jas dengan sarung berwarna senada.

3.     Baju Pengantin Bundo Kanduang

Pasti Anda sudah familiar dengan hiasan kepala Minang yang menyerupai tanduk kerbau, bukan? Hiasan kepala yang biasanya dipakai kaum perempuan dalam kehidupan sehari-hari ini juga ada dalam pakaian adat Minang bernama Bundo Kanduang atau Limapeh Rumah Nan Gadang.

Baju pengantin wanitanya cukup sederhana dengan hiasan kepala seperti tanduk kerbau, sehingga tanpa mengenakan mahkota yang terbilang berat. Tambahan aksesoris kalung dan gelang indah akan menambah aksen elegan.

Mempelai prianya mengenakan pakaian adat dengan warna senada dan selendang yang diselempangkan di bahu. Ikat kepala khas Minang juga melengkapi penampilan gagahnya. Sungguh pasangan pengantin yang serasi bak raja dan ratu sehari.

4.     Dekorasi Pernikahan Modern

Selain baju pengantin yang bisa dipadukan dengan konsep modern ataupun diganti dengan model yang lebih sederhana, dekorasi pernikahan yang modern juga menjadikan konsepnya mudah dibuat. Jika berkonsep full tradisional, harganya memang terbilang mahal dan pengerjaannya lebih lama karena membutuhkan referensi yang terpercaya.

Hal tersebut bisa disiasati dengan menggunakan dekorasi pernikahan modern dengan warna senada dengan baju pengantin. Anda juga lebih mudah dari segi biaya dan waktu pengerjaannya lebih cepat. Selain itu, konsep modern cenderung netral untuk dinikmati oleh seluruh tamu undangan dari berbagai daerah.

Banyak hal yang bisa disederhanakan dalam konsep pernikahan Minang modern. Anda bersama pasangan dapat tampil memukau dengan balutan baju pengantin Padang modern yang tidak ribet dan lebih nyaman. Dekorasinya juga dapat mengusung tema modern. intinya, Anda tetap mempunyai sisi adat Minang meskipun dipadukan dengan gaya modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.