Ini Susunan Acara Pernikahan Adat Sunda di Gedung

Apakah Anda berencana mengadakan pernikahan adat Sunda di gedung? Nah, sebelumnya Anda harus mengetahui terlebih dahulu susunan acara pernikahan adat Sunda di gedung dan juga tata cara pengantin Sunda. Penasaran bagaimana cara mengadakan pernikahan adat Sunda di gedung? Yuk simak baik-baik ulasannya berikut ini.

1. Penjemputan Calon Pengantin Pria dan Ngabagaeakeun

1. tirasenna.blogspot.com

Susunan acara pertama pada saat hari H pernikahan adalah penjemputan calon pengantin pria yang dilakukan oleh utusan dari keluarga calon mempelai wanita. Lalu, dilanjutkan dengan ngabageakeun atau penyambutan yang dilakukan oleh ibu dari calon mempelai wanita dengan mengalungkan bunga melati kepada calon menantunya.

2.  Akad Nikah

2. budayajawa.id

Setelah semuanya siap, acara selanjutnya adalah akad nikah. Calon pengantin wanita didudukkan di samping kiri calon pengantin pria dan dikerudungi menggunakan tiung panjang. Akad nikah dilaksanakan bersama petugas KUA dan beberapa saksi. Setelah akad selesai, kerudung dibuka dan kedua mempelai menandatangani surat nikahnya.

3. Sungkeman dan Wejangan

3. youtube.com

Setelah prosesi akad nikah selesai, acara selanjutnya adalah sungkeman dan wejangan. Sungkeman berarti meminta maaf kepada orang tua atas semua kesalahan yang sudah dilakukan. Setelah itu, dilakukan wejangan yang dilakukan oleh keluarga mempelai wanita atau ayahnya.

4. Saweran

4. lensa-foto.blogspot.com

Setelah itu, acara selanjutnya adalah saweran. Kedua mempelai didudukkan di atas kursi sembari dipayungi menggunakan payung berukuran besar. Lalu, pantun sawer dinyanyikan sambil menaburkan beras kuning ke arah atas payung yang digunakan untuk memayungi kedua mempelai tersebut.

5. Meuleum Harupat

5. seputarpernikahan.com

Acara selanjutnya adalah meuleum harupat atau pengantin wanita menyalakan harupat menggunakan lilin. Kemudian, harupat ini disiram dengan kendi air oleh mempelai wanita. Lalu, harupat dipatahkan oleh mempelai pria.

6. Nincak Endog

6. jivaorganizer.com

Setelah meuleum harupat, prosesi selanjutnya adalah nincak endog yang berarti menginjak telur. Pengantin pria menginjakkan kakinya ke telur dan elekan hingga pecah. Lalu, kaki si mempelai pria dicuci menggunakan air bunga dan dilap oleh mempelai wanita.

7. Muka Panto (Buka Pintu)

7. sanggardasela.blogspot.com

Selanjutnya, muka panto atau buka pintu. Prosesi ini diawali dengan mengetuk pintu tiga kali lantas dilanjutkan dengan tanya jawab menggunakan pantun yang saling bersahutan dari dalam pintu dan juga luar pintu. Puncak dari prosesi ini adalah membaca kalimat syahadat dan membuka pintu. Lalu, penganti masuk menuju pelaminan.

Nah itu dia ulasan mengenai tata cara pengantin sunda dan juga susunan acara pernikahan adat Sunda di gedung yang harus Anda tahu sebelum mengadakan pernikahan di gedung. Persiapkan dengan baik semua hal yang Anda butuhkan agar prosesi pernikahan berjalan dengan lancar. Semoga artikel ini cukup informatif bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.