Cara Menghemat Biaya Pernikahan di Gedung, Bagaimana Ya?

Ada alasan tertentu kenapa seseorang menggelar resepsi pernikahan di gedung. Bisa karena cita-cita atau karena memang tidak punya cukup tempat untuk menampung banyak tamu. Biar lancar, perhatikan cara menghemat biaya pernikahan di gedung seperti yang tertera dalam uraian berikut ini. Sifatnya untuk jaga-jaga dan menghindari kemungkinan tekor.

Pilih Hari Biasa atau Gedung dalam Keadaan Free

Sebuah gedung, apalagi yang sudah punya nama terkenal, lebih banyak diperebutkan. Ditambah lagi dengan alasan karena letaknya sangat strategis dan sebagainya. Saat Hari Nasional tiba, gedung-gedung akan penuh jadwal gelaran acara-acara tertentu. Misalnya rapat, upacara untuk para kru, dan lain-lain.

Begitu pula dengan akhir pekan atau setidaknya tanggal merah. Pihak yang menyewa gedung amat banyak. Sedangkan pernikahan Anda sudah harus digelar pada tanggal yang ditentukan. Minimal sebulan sebelum menyewa gedung, Anda sudah pasang tempat. Pilihlah hari biasa biar tarif sewanya minim.

Tentukan Jenis Resepsi Pernikahan dan Kapasitas Tamunya

Secara umum, jumlah tamu undangan itu yang menentukan pemilihan gedung pernikahan. Apabila Anda punya cukup banyak daftar tamu undangan, pilihlah gedung besar dengan nilai sewa yang terjangkau. Biar hemat, undang saja tamu yang memiliki kedekatan secara personal maupun karier dalam hidup Anda.

Tamu undangan pula yang seringkali menentukan jenis resepsi pernikahan dalam gedung. Apakah Anda mau menikah secara adat, sederhana sesuai ketentuan agama, maupun menikah dengan cara meriah dan mewah. Khusus untuk pernikahan hemat di gedung, hindari pernikahan secara adat. Biaya yang dikeluarkan nanti membengkak, sebab banyak syaratnya.

Mau Menikah di Musim Kemarau atau Musim Hujan?

Apa pun musimnya, menikah di gedung itu merupakan jalan paling aman. Tak perlu lagi khawatir atap bocor, lokasinya kurang sesuai, dan sebagainya. Gedung yang sudah punya cukup nama pasti selalu dibersihkan tiap hari. Pada waktu-waktu tertentu, fasilitas yang tersedia juga ditambah.

Untuk menghemat biaya pengeluaran berdasarkan musim, pilih menikah saat musim penghujan tiba. Ada efek khusus ketika musim hujan, yakni akan banyak perut yang tidak mudah lapar. Inilah keuntungan yang bisa Anda petik. Dengan begitu, pemesanan catering bisa dikurangi jumlah per porsinya. Tidak sedikit pula yang absen.

Cara menghemat biaya pernikahan di gedung merupakan persoalan yang jarang dibahas. Sebagian besar penduduk di Indonesia melangsungkan pernikahan di rumah masing-masing. Kira-kira begitulah caranya. Saran terakhir, pilih gedung yang memberikan paket khusus, seperti tersedianya catering, planning, dan sebagainya. Biar irit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.