Berapa Total Biaya Pernikahan Adat Karo?

Dalam beberapa adat, menikah mengeluarkan biaya yang tak sedikit. Misalnya saja di pernikahan adat Karo. Total biaya pernikahan adat ini puluhan juta. Oleh sebab itu, biaya pernikahan adat Karo atau lainnya harus disiapkan jauh-jauh hari. Kira-kira, seperti apa rincian biaya pernikahan adat ini?

Upacara Pernikahan Adat Batak Karo

Karo adalah salah satu suku Batak di Sumatera Utara yang memiliki adat yang kental. Untuk melakukan pernikahan saja misalnya, ada banyak acara yang harus Anda lewati mulai dari tahapan persiapan, pesta adat dan acara pasca pesta adat. Semuanya itu memerlukan biaya yang tak sedikit dan akan menguras kantong Anda.

Upacara adat pernikahan Batak Karo di bagian persiapan saja misalnya, ada acara Sitandan Ras Keluarga Pekepar yang melibatkan dua pihak keluarga. Lalu, dilanjutkan dengan Mbaba Belo Salambar dan Nganting Manuk. Acara yang menelan biaya paling banyak adalah pesta adatnya. Sedang untuk bagian acara pasca pesta, tidak terlalu besar.

Rincian Biaya Pernikahan Adat Batak Karo

Untuk rincian biaya, anggap saja pernikahan adat ini dilakukan dengan menyewa gedung. Untuk sewa gedung saja, biaya yang harus dikeluarkan berkisar antara Rp 6 hingga 10 juta tergantung dari fasilitas dan kapasitas dari gedung pilihan Anda.

Tak mungkin pula gedung yang Anda sewa tidak didekorasi, kan? Biaya dekorasi ini juga cukup tinggi. Bisa mencapai Rp 5 hingga 10 juta tergantung jenis dekorasinya. Makin rumit dekorasi tersebut, makin dalam kocek yang harus dirogoh.

Biaya cetak undangan dan souvenir juga harus masuk perhitungan. Ini adalah salah satu yang menguras kantong terlebih bila Anda ingin menciptakan kesan yang baik pada para tamu. Biayanya bisa mencapai Rp 3 jutaan.

Jangan lupakan pula dokumentasi dan katering. Ini juga bisa memakan biaya yang besar bila Anda menginginkan yang terbaik. Paling tidak, Anda harus membayar dua hal ini hingga Rp 10 juta rupiah. Itu belum termasuk sewa pakaian, hiburan, serta upacara adat pemberian marga bila pasangan Anda berasal dari suku yang berbeda, ya!

Nah, ternyata biaya pernikahan adat Karo itu besar juga, ya! Oleh sebab itu, Anda harus mempersiapkan semua dari jauh-jauh hari. Dengan begitu, Anda bisa memenuhi total biaya pernikahan yang harus Anda keluarkan. Ingat, jangan sampai pinjam sana-sini, ya! Anda sendiri yang akan repot bila melakukan hal itu nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.