Berapa Perkiraan Biaya Pernikahan Adat Toraja?

Pernikahan merupakan suatu hal sakral yang hanya sekali seumur hidup. Menggelar pernikahan pastinya membutuhkan biaya yang besarnya disesuaikan dengan kemampuan. Pernikahan yang menggunakan prosesi adat tentunya butuh biaya lebih besar, seperti biaya pernikahan adat Toraja yang mempunyai proses panjang dan persiapan yang kompleks.

Biaya Sewa dan Dekorasi Gedung

Perhelatan pernikahan tentu membutuhkan sewa tempat agar memadai untuk menjalankan semua prosesi adat. Tempat pernikahan yang memadai juga dapat menampung semua tamu undangan secara memadai. Kenyamanan tempat pernikahan juga harus dipikirkan agar semua orang merasa nyaman dan puas, sehingga mendukung kelancaran setiap prosesi pernikahan.

Anda harus memastikan akan mengundang berapa tamu undangan dan juga jumlah keluarga besar yang akan hadir menyaksikan. Setelah menentukan jumlah tamu undangan, tentukan gedung yang memadai dan lokasinya strategis. Kualitas bangunan yang aman juga harus dipertimbangkan. Dengan demikian, Anda mendapatkan gedung yang sesuai.

Biaya dekorasi juga harus dipersiapkan sesuai dengan kemampuan, sehingga gedung tersebut bisa dihias dengan panggung pelaminan bernuansa Toraja yang indah. perkiraan sewa gedung adalah Rp5 juta-Rp10 juta. Biaya dekorasi adat Toraja berkisar antara Rp1 juta-Rp15 juta.

Biaya Salon dan Baju Pengantin

Pernikahan yang diselenggarakan secara adat tentunya membutuhkan sewa baju pengantin adat. Penyelenggaraan pernikahan adat Toraja membutuhkan biaya sewa baju pengantin Toraja dari jasa salon rias pengantin.

Jasa rias pengantin, keluarga inti, dan pengiring pengantin juga dapat diperoleh dari salon yang sama. Kedua biaya ini ditentukan oleh model baju beserta riasan yang dipilih. Kisaran biaya sewa baju pengantin adat Toraja adalah Rp3 juta-Rp6 juta.

Biaya Prosesi Adat

Biaya prosesi adat merupakan alokasi dana yang paling banyak, di mana membutuhkan banyak bujet. Anda dapat menyesuaikan prosesi dengan bujet yang tersedia agar bisa mencukupi. Jika ingin lebih hemat, maka Anda bisa hanya menjalankan prosesi inti dari adat Toraja. Dengan demikian, acara sakral tetap berlangsung dengan biaya sesuai kemampuan.

Biaya Catering

Perhelatan acara pernikahan adat Toraja tentu membutuhkan jamuan makan dan minum untuk para tamu undangan dan keluarga besar. Berdasarkan adat Toraja, hidangan yang disajikan ini disesuaikan dengan kemampuan finansial atau strata sosialnya.

Apapun strata sosialnya, setiap pemilik hajatan tetap harus memberikan jamuan berupa ikan atau daging sebagai upaya untuk menjunjung tinggi adat istiadat. Hal ini dilakukan untuk menghormati tradisi Tana Toraja yang melambangkan martabat keluarga.

Biaya Dokumentasi

Pada zaman modern ini, sudah tersedia jasa fotografi untuk mengabadikan setiap momen indah dalam pernikahan. Anda dapat menyewa jasa fotografer handal yang biasanya menangani acara pernikahan untuk mengabadikan momen-momen indah dalam pernikahan bersama pasangan, termasuk momen sakral ketika menjalankan prosesi adat Toraja.

Alokasi dana pernikahan di atas memang berlaku untuk semua pernikahan adat. Hanya saja prosesi adat setiap suku menjadikan besaran biaya yang berbeda. Biaya pernikahan adat Toraja sangat panjang dan membutuhkan biaya lebih besar jika menjalankan semua prosesinya. Untuk itu, Anda dapat menyesuaikan kembali dengan kemampuan finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.