Apa Saja Isi Seserahan Pernikahan Adat Jawa?

Anda berencana menikah menggunakan adat Jawa? Jika iya, Anda harus siap menyiapkan seserahan adat Jawa pada calon pasangan. Isi seserahan pernikahan adat Jawa itu sangat beragam. Nah, sebaiknya, agar Anda bisa menyediakan isi seserahan yang lengkap, ada baiknya tahu apa saja isinya. Dengan begitu, isi seserahan bisa disiapkan jauh-jauh hari.

1. Jarik dan Kebaya

Isi seserahan pertama dalam pernikahan adat Jawa yang wajib Anda penuhi adalah kain jarik dan kebaya. Namanya juga melamar gadis Jawa, artinya Anda harus siap menyediakannya. Isi seserahan yang satu ini memiliki makna untuk harapan mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Selain jarik dan kebaya, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan tambahannya.

2. Seperangkat Alat Make Up

Sebenarnya, bukan hanya pengantin adat Jawa saja yang memberikan seserahan ini. Namun, dalam adat Jawa ini wajib Anda siapkan, ya! Isi dari seperangkat alat make up ini adalah lipstik, bedak, pensil alis dan alat make up lain tergantung kebutuhan dan keperluan calon istri untuk berdandan.

3. Perlengkapan Mandi

Isi dari seserahan adat Jawa lain yang wajib ada adalah perlengkapan mandi. Perlengkapan ini terdiri atas sabun, shampo, pembersih wajah, handuk, dan masih banyak lagi. Ini juga wajib disediakan untuk isi seserahan karena punya makna tersendiri.

4. Pakaian dan Aksesorisnya

Lalu, Anda juga wajib menyertakan pakaian beserta aksesorisnya dalam isi seserahan nanti. Ini berbeda dengan jarik dan kebaya, ya! Isi dari seserahan yang satu ini adalah baju yang akan dipakai sehari-hari dan aksesoris pendamping seperti pakaian dalam, tas, sepatu, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang, isinya adalah dari ujung kaki hingga kepala.

5. Pisang Raja dan Buah Jambe Beserta Daun Sirih

Dalam pernikahan adat Jawa, Anda juga diwajibkan membawa seserahan yang berisi pisang raja beserta buah jambe atau pinang beserta daun sirihnya. Ini adalah seserahan yang sangat penting dalam adat jawa. Isinya adalah simbol harapan kesuburan dan harapan memiliki keturunan setelah menikah. Selain itu, juga harapan agar pernikahan terus langgeng.

Itulah isi seserahan pernikahan adat Jawa yang harus Anda sediakan bila ingin menikahi gadis Jawa secara adat. Selain itu, sebenarnya Anda juga harus menaruh perhiasan di dalamnya. Apakah bisa dimodifikasi? Sayangnya, tidak. Isi seserahan ini adalah wajib karena punya makna setiap isinya. Masalah merek barang, Anda bisa menyesuaikannya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.